advertisement

Selasa, 22 Maret 2011

Pesawat NASA Berhasil Kelilingi Planet Merkurius

WASHINGTON - Pesawat tanpa awak milik NASA berhasil kelilingi orbit planet Merkurius untuk pertama kalinya, setelah menempuh jarak 4,9 miliar mil yang memakan waktu enam setengah tahun dari Bumi.

Merkurius merupakan planet kelima di tata surya kita yang telah dikelilingi oleh NASA. Demikian seperti yang dikutip dari Times Of Malta, Selasa (22/3/2011).

NASA memberitahu bahwa mereka telah sampai di planet Merkurius melalui akun Twitter bernama @Messenger2011 dari pesawat tanpa awak Messenger.

Pesawat tanpa awak Messenger diluncurkan pada tahun 2004. Bulan depan Messenger akan mulai mengirimkan gambar dan menyelidiki gelombang magnetik misterius di planet Merkurius dan kepadatannya yang tak biasa.

Messenger kini berada di orbit planet Merkurius dengan jarak 120 mil dari permukaan.

"Ini adalah jarak terdekat yang bisa kami lakukan," ujar Eric Finnegan, Chief Engineer dari Messenger.

Merkurius adalah salah satu planet dengan kondisi paling ekstrim di tata surya. Suhu permukaannya bisa mencapai 425 derajat pada siang hari dan mencapai 184 derajat di bawah nol pada malam hari.

Sebelumnya pada tahun 70-an, NASA pernah mengirim pesawat tanpa awak bernama Mariner untuk mendekati Merkurius, tapi hanya mendapat gambar yang kecil dari planet tersebut.
(srn)
Sumbar: Okezone

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

tinggalkan komentar anda

 

Kawanan Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates