advertisement

Selasa, 05 April 2011

Cara Terbaik Menjaga Suara Indah Anda

Selalu ada alasan untuk tetap tenang dan lembut ketika Anda berbicara. Berteriak dan menjerit secara terus-menerus merupakan penyebab paling umum dari kerusakan suara. Selain itu, gugup dan tegang dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan senyawa suara.

Setiap kita memiliki pitch yang alami sampai tingkat optimal dimana sejumlah suara yang dikeluarkan membutuhkan usaha yang paling sedikit. Tingkat pitch yang optimal haruslah sesuai dengan kebiasaan yang Anda lakukan. Jika tidak, Anda mungkin dapat merusak suara Anda.

Salah satu cara untuk memeriksa tingkat pitch Anda adalah dengan mengatakan “um-hum” secara alami. Kemudian katakan “um-hum-satu”, “um-hum-dua”. Apakah pitch dari “um-hum” sama dengan yang menyertakan angka? Maka itulah tingkat pitch alami Anda.

Produksi suara secara fisik merupakan aktivitas otot yang paling cepat dan paling kompleks dari tubuh kita. Suara serak atau laringitis; suara melengking; mendesah atau suara hidung; suara yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, terlalu keras atau terlalu lembut, atau kebiasaan yang dapat merusak suara – semua itu mengindikasikan penyalahgunaan dari pita suara dan dapat menyebabkan masalah medis lain yang lebih serius.

Stres vokal yang terus-menerus dapat mengarah pada berkembangnya pertumbuhan titik berbentuk air mata pada pita suara yang disebut polip. Selain itu, jaringan parut (nodul) dapat terbentuk pada pita suara, dan meskipun jarang terjadi, kontak ulserasi atau granuloma juga dapat berkembang. Secara umum, semua ini adalah kondisi jinak yang dapat diobati.

Mengistirahatkan suara kemungkinan merupakan cara yang paling sederhana dan paling efektif untuk meminimalkan stres vokal, namun berikut ini adalah beberapa petunjuk lainnya yang harus dihindari saat laringitis maupun kehilangan suara:

  1. Selalu berbicara sengan nada dan volume normal, meskipun sedang berada di tengah situasi yang gaduh.
  2. Jangan membiasakan diri untuk menjerit atau berteriak.
  3. Jika Anda merokok, hentikan. Rokok merupkaan penyebab utama dari kanker laring, dengan gejala utama adalah suara yang serak.
  4. Cobalah untuk menghindari berada di bawah atau di depan AC secara langsung untuk jangka waktu yang lama. Unit pemanas di rumah juga dapat mengeringkan udara dan menyebabkan ketegangan vokal.
  5. Jika stres menimbulkan masalah pada pita suara, latihan merilekskan pita suara secara sederhana adalah dengan menguap kemudian mendesah.
  6. Jika masalah vokal terus berlanjut, terapi vokal mungkin dibutuhkan. Dalam kasus tersebut, berkonsultasilah dengan dokter Anda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

tinggalkan komentar anda

 

Kawanan Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates